Posted by : Ecko Saputra Senin, 19 September 2016

   Assalamualaikum Wr.Wb. Hai gan kali ini saya akan posting tentang bagaimana langkah membuat kategori dan sub kategori pada moodle 3.1, Agar lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

A. Pengertian
    MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

B. Latar Belakang
     Latar belakangnya adalah untuk membagi kategori yang di inginkan untuk mempermudah penggunaan moodle, agar tampilannya lebih efisien.

C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan tujuannya adalah membuat kategori dan sub kategori pada moodle 3.1.
D. Alat dan Bahan
- LAMP
- Moodle
- Laptop/PC

E .Waktu Pelaksanaan
     Adapun Waktu yang saya butuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini kurang lebih 15-30 menit.

F. Langkah Konfigurasi
- Hal Pertama yang harus dilakukan adalah masuk/login kemoodle sebagai administrasi.
- kemudian klik "site administrator > course > add a category":
- Maka akan muncul tampilan untuk membuat kategori baru:
- Di bagian Parent category pilih "top" karena kategori ini berada di bagian/paling atas, dan isikan nama kategori apa yang anda mau buat, pada bagian category ID number dan descripiton terserah anda mau isi apa tidak karena bagian ini tidak terlalu penting, kemudian klik cteate category:

- Kagori telah jadi dan selanjutnya kita membuat sub kategori.
- Langkahnya sama seperti yang pertama atau bisa langsung saja klik "create new category" pada halaman "course and kategory management":
- Maka muncul tampilan untuk membuat kategori baru:
- Disini bedanya hanya bagian parent category pilih "kelas 1" (kategori yang kita baru buat tadi) isikan   nama sub kategori terserah anda dan klik create category:
- Maka kategori kelas1 A berada dibawah kategori kelas1 dan menjadi sub kategorinya kelas 1:
- Buatlah kategori dan sub kategori sebanyak yang anda butuhkan saja.

G. Hasil dan Kesimpulan
   Hasilnya adalah moodle telah tersedia kategori yang siap diisi dengan course/kursus ditiap-tiap kategori.
   Kesimpulannya adalah kategori dalam moodle sangatlah berguna dan membantu untuk para guru dan murid yang akan mengikuti sebuah kursus/course.
   Demikianlah sedikit penjelasan tentang membuat kategori dan sub kategori pada moodle 3.1. Selamat mencoba semoga bermanfaat Wassalamualaikum Wr.Wb..

H. Referensi
     -

Popular Posts

- Copyright © EckoSaputra SAja Lha - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -